kursor

Jumat, 16 Agustus 2013

Makalah tentang Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan



Makalah Perekonomian Indonesia
Tentang
Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan
















Disusun oleh:
Riska Yuliatiningsih
2012220020
Akuntansi Sore ( K )



FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MADURA
TAHUN AKADEMIK 2012 – 2013


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya-lah maka kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.
Berikut ini kami mempersembahkan sebuah makalah dengan judul "Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan", yang menurut penulis dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pamekasan untuk periode selanjutnya.
Melalui kata pengantar ini penulis terlebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang kami buat kurang tepat
Dengan ini kami mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga Allah SWT memberkahi makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.

Pamekasan, 24 Juni 2013



Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1
A.  Latar Belakang............................................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
C.  Tujuan............................................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 2
A.  Pengertian Pertumbuhan Ekonomi................................................................. 2
B.  Faktor – factor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi........................ 2
C.  Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan............................................................ 4
BAB III PENUTUP.......................................................................................... 7
A.  Kesimpulan..................................................................................................... 7    
B.  Saran............................................................................................................... 7
Tabel – Tabe Pokok PDRB Kab. Pamekasan Tahun 2009 – 2012.............. 8
Tabel 1................................................................................................................. 9
Tabel 2................................................................................................................. 9
Tabel 3................................................................................................................. 10
Tabel 4................................................................................................................. 10
DAFTAR ISI..................................................................................................... 11




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian yang berkepanjangan pada suatu wilayah, khususnya wilayah Kabupaten Pamekasan. Pertumbuhan ekonomi sangat penting dalam hal mengukur seberapa besar tingkat kemajuan perokonomian di Pamekasan. Dalam hal ini berarti terdapatnya kenaikan dalam pendapatan nasional yang ditunjukkan oleh besarnya nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Namun terkadang tingkat pertumbuhan perekonomian yang tergambar dalam PDRB Pamekasan tidak sepenuhnya menunjukkan tingkat pertumbuhan perekonomian di Pamekasan meningkat. Terbukti dengan masih banyaknya kasus kemiskinan  yang terjadi disekitar kita.
Dalam pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi, tingkat pertumbuhan ekonomi di Pamekasan, dan perbandingan hasil PDRB dengan kondisi riil di Pamekasan.
B.       Rumusan Masalah
Berkaitan dengan latar belakang masalah tersebut diatas maka masalah yang dapat di rumuskan yaitu :
1.      Apa yang dimaksud dengan Pertumbuhan Ekonomi ?
2.      Faktor – factor apa saja yang mendukung pertumbuhan ekonomi ?
3.      Bagaimana tingkat pertumbuhan ekonomi di Pamekasan ?

C.      Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini yaitu untuk melaporkan hasil analisis penulis tentang PDRB Pamekasan khususnya dalam ruang lingkup Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan.


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dengan Permbangunan ekonomi memiliki pengertian yang berbeda. Namun dalam pembahasan kali ini, penulis ingin menekankan pada pembahasan pertumbuhan ekonomi.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Indicator dalam mengukur pertumbuhan ekonomi yaitu tingkat pertumbuhan PDB dan PNB. Dalam praktek amgka, PNB kurang lazim dipakai, yang lebih populer dipakai adalah PDB, karena angka PDB hanya melihat batas wilayah,terbatas pada negara yang bersangkutan.
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia memanglah dikagumi oleh Dunia. Hal ini dilansir oleh antaranews.com pada tanggal 22 Maret 2013 lalu. Hal ini memang cukup membanggakan namun tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut tidak menggambarkan secara riil. Karena beberapa tahun ini masih saja terdapat banyak kasus kemiskinan di Indonesia.
B.       Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah:
  • Faktor Sumber Daya Manusia
Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauhmana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan.

  • Faktor Sumber Daya Alam
Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembanguan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampaun sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut.
  • Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.
  • Faktor Budaya
Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang dapat mendorong pembangunan diantaranya sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan sebagainya. Adapun budaya yang dapat menghambat proses pembangunan diantaranya sikap anarkis, egois, boros, KKN, dan sebagainya.
  • Sumber Daya Modal
Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.


C.      Pertumbuhan Ekonomi di Pamekasan
Pamekasan merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Madura yang merupakan kota Gerbang Salam sekaligus Kota Pendidikan. Sejak tahun 2009 – 2012 Pamekasan mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi berturut - turut sebesar 5,18% , 5,75 % , 6,21 %, 6,32%. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pamekasan selama tahun 2009 – 2012 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2009 geliat perekonomian Kabupaten Pamekasan mampu meningkat sebesar 5,18%. Kemudian pada tahun 2010 laju pertumbuhannya terus naik yaitu menjadi 5,75%. Meningkat lagi menjadi 6,21% pada tahun 2011. Laju pertumbuhan menggeliat menjadi 6,32% pada tahun 2012 .Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh berbagai sector yaitu sector pertanian, pertambangan, industry pengolahan, listrik dan air bersih, dan lainnya. Pertumbuhan ekonomi tersebut tergambar dalam PDRB Kab. Pamekasan.
Dari PDRB terlihat jelas bahwa hampir separuh dari Pendapatan produk daerah berasal dari pertanian. Angka laju pertumbuhan tersebut kurang diimbangi dengan kondisi perekonomian masyarakat golongan menengah ke bawah. Angka laju pertumbuhan tersebut bisa dikatakan laju pertumbuhan yang tinggi namun di wilayah Pamekasan masih banyak sekali yang perkonomiannya masih cukup memprihatinkan.
Mengingat sector pertanian pada PDRB selalu mendapat urutan tertinggi PDRB kabupaten Pamekasan.Dalam sector pertanian, sebagian dari aktivitas pertanian telah menggunakan system cara modern namun kadangkala masih menggunakan system tradisional. Dalam proses bertani masyarakat Pamekasan hanya menggunakan system modern sekitar 30% saja, misalnya mebajaknya menggunakan kontraktor. Dengan menggunakan system modern yang hanya 30% itu,  akibat yang diberikan yaitu dari tahun ke tahun kuantitas penghasilan pertanian memanglah bertambah namun jika dihitung kenaikannya dengan menggunakan prosentase, maka kenaikan – kenaikan prosentase tersebut tidaklah signifikan (menurun). Terbukti pada tahun 2009 sektor pertanian mengalami kenaikan sebesar 4,24%. pada tahun 2010, sector pertanian mengalami kenaikan sebesar 4,68% sedangkan tahun 2011 prosentase kenaikannya hanya 4,39%. Namun pada tahun 2012, prosentase kenaikan produksi sector pertanian mengalami kenaikan yang cukup  sebesar 4,78%. Hal ini harus diperhatikan oleh pemerintah kabupaten Pamekasan agar setiap tahunnya kenaikan secara kuantitas maupun prosentase haruslah membaik. Dengan tingkat kontribusi pertanian yang hanya sekian, tidaklah memumpuni dengan jumlah masyarakat pamekasan. Dengan begitu, pamekasan masih menunjukkan tingkat kemiskinan yang cukuplah tinggi.
Lain halnya dengan sector pertambangan, sector pertambangan memanglah memberikan sumbangan yang menurun tiap tahunnya. Namun dari tingkat kuantitas dan prosentase peningkatan, pertambangan di pamekasan cukuplah meningkat. Pada tahun 2009 Pertambangan mampu menghasilkan sebesar 25.659,35 (juta rupiah) dan tingkat laju pertumbuhannya sebesar 4,15%. Pada tahun 2010 Pertambangan mampu menghasilkan 26.059,64 (juta) dengan laju pertumbuhan sebesar 1,56%. Dengan penghasilan sebesar 27.740,49 (juta) pertumbuhan penghasilan di sector Pertambangan tahun 2011 naik hingga 6,45%. Sedangkan pada tahun 2012 sektor pertambangan mampu menghasilkan sebesar 28.181,56, dengan demikian prosentase kenaikannya sebesar 1,59%. Tingkat prosentase kenaikan pada tahun 2012 turun cukup drastis dikarenakan hampir sepanjang tahun Pamekasan diguyur hujan sehingga produksi garam turun drastis.
Setelah membahas sector – sector yang tergolong pada sector Primer, selanjutnya akan membahas salah satu sector sekunder yang sumbangan prosentase pada laju pertumbuhan ekonomi hampir bisa dibilang diam di tempat. Sector yang dimaksud yaitu sector listrik dan air bersih. Pada sector ini tingkat sumbangan laju pertumbuhan PDRB 2009 sebesar 0,96% sedangkan pada tahun 2010 sebesar 0,94% dan pada tahun 2011 mencapai 0,90% serta 0,88% pada tahun 2012. Demikian dengan laju pertumbuhan pada prosentase tingkat kenaikan pertumbuhan sector listrik dan air bersih  hampir bisa dibilang diam di tempat karena pada tahun 2009 tingkat pertumbuhannya hanya mencapai 4,75%. Tahun 2010 sektor ini mencapai tingkat pertumbuhan sebesar 5,11% sedangkan pada tahun 2011 mencapai tingkat pertumbuhan sebesar 5,12%. Laju pertumbuhan pada sector listrik dan air bersih mengalami pemingkatan yang cukup berarti di tahun 2012 yaitu sebesar 7,56%.
Hal ini cukup memprihatinkan, karena listrik dan air bersih merupakan suatu sector yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari. Banyak wilayah yang masih belum bisa menikmati air bersih dengan nikmat misalnya di daerah Desa Panglegur. Kurangnya akan air bersih ini juga terasa di beberapa daerah lainnya di kecamatan Tlanakan. Banyak masyarakat yang mengeluh dikarenakan air PDAM yang menjadi langganan kerap mati. Hal ini banyak diungkapkan oleh warga setempat.
Sedangkan untuk sector yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi yaitu sector perdagangan, hotel, dan restoran yang mana mengalami kenaikan hingga pertumbuhannya mencapai 9,87%. Hal ini bisa kita maklumi mengingat terdapat fenomena yang mendukung peningkatan pertumbuhan sector ini, disamping dampak dari Jembatan Suramadu yang membuat akses kemudahan untuk dating ke kabupaten – kabupaten di Pulau Madura termasuk di dalamnya Kabupaten Pamekasan yang merupakan eks karesidenan Madura, juga banyaknya event – event yang mendukung seperti lomba kerapan sapi, pagelaran sapi sosnok, car free day di Alun – alun Arek Lancor Pamekasan tiap hari minggu yang secara tidak langsung ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi khususnya pada sector perdagangan, hotel, dan restoran serta menguatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pamekasan.





       ATAS DASAR HARGA BERLAKU TAHUN 2009 - 2012 ( Juta Rupiah )








LAPANGAN USAHA
 2009*⁾
 2010**⁾
 2011**⁾
 2012***⁾
I
SEKTOR PRIMER




1.
PERTANIAN
  2.169.624,75
   2.421.046,86
   2.728.600,17
   3.074.858,60
2.
PERTAMBANGAN &PENGGALIAN
        47.585,27
        50.282,07
        56.390,86
        59.693,55
SUB JUMLAH
  2.217.210,02
   2.471.328,94
   2.784.991,02
   3.134.552,15






II
SEKTOR SEKUNDER




1.
INDUSTRI PENGOLAHAN
     131.291,95
      144.709,35
      163.327,87
      185.704,61
2.
LISTRIK DAN AIR BERSIH
        42.265,20
        46.231,51
        50.543,04
        55.728,96
3.
KONSTRUKSI
     218.448,32
      250.128,29
      300.148,23
      332.191,50
SUB JUMLAH
     392.005,47
      441.069,14
      514.019,14
      573.625,07






III
SEKTOR TERSIER




1.
 PERDAGANGAN, HOTEL, & RESTORAN
     721.644,24
      826.470,15
      992.886,66
   1.153.120,94
2.
PENGANGKUTAN & KOMUNIKASI
     179.333,76
      201.951,75
      229.103,84
      265.269,26
3.
KEUANGAN, REAL ESTATE & JASA PERUSAHAAN
     287.324,32
      321.159,69
      362.560,54
      413.496,24
4.
JASA - JASA
     587.896,40
      654.879,01
      731.727,27
      820.262,22
SUB JUMLAH
  1.776.198,72
   2.004.460,60
   2.316.278,31
   2.652.148,67






VOLUME EKONOMI ( PDRB )
  4.385.414,21
   4.916.858,68
   5.615.288,48
   6.360.325,89






Sumber :     badan Pusat Statistik Kab. Pamekasan



Ket :
*⁾     = Angka diperbaiki





**⁾   = Angka Sementara





***⁾ = Angka Sangat Sementara
















TABEL 2. PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) KABUPATEN PAMEKASAN MENURUT LAPANGAN USAHA

       ATAS DASAR HARGA KONSTAN 2000 TAHUN 2009 - 2012 ( Juta Rupiah )







LAPANGAN USAHA
 2009*⁾
 2010**⁾
 2011**⁾
 2012***⁾
I
SEKTOR PRIMER




1.
PERTANIAN
     986.284,32
   1.032.433,95
   1.077.740,48
   1.129.269,21
2.
PERTAMBANGAN &PENGGALIAN
        25.659,35
        26.059,64
        27.740,49
        28.181,56
SUB JUMLAH
  1.011.943,67
   1.058.493,59
   1.105.480,96
   1.157.450,77






II
SEKTOR SEKUNDER




1.
INDUSTRI PENGOLAHAN
        59.622,83
        61.889,89
        65.734,62
        70.194,65
2.
LISTRIK DAN AIR BERSIH
        20.309,11
        21.347,74
        22.440,91
        24.138,29
3.
KONSTRUKSI
        93.242,41
        99.415,06
      108.064,17
      115.109,95
SUB JUMLAH
     173.174,35
      182.652,69
      196.239,69
      209.442,89






III
SEKTOR TERSIER




1.
 PERDAGANGAN, HOTEL, & RESTORAN
     301.530,44
      328.944,96
      363.862,10
      399.785,23
2.
PENGANGKUTAN & KOMUNIKASI
        92.251,16
      100.473,72
      108.735,05
      119.154,42
3.
KEUANGAN, REAL ESTATE & JASA PERUSAHAAN
     142.154,81
      149.905,80
      160.191,27
      172.182,78
4.
JASA - JASA
     333.149,36
      351.921,20
      372.821,65
      395.167,89
SUB JUMLAH
     869.085,77
      931.245,68
   1.005.610,06
   1.086.290,32






VOLUME EKONOMI ( PDRB )
  2.054.203,80
   2.172.391,96
   2.307.330,72
   2.453.183,98






Sumber :     badan Pusat Statistik Kab. Pamekasan



Ket :
*⁾     = Angka diperbaiki





**⁾   = Angka Sementara





***⁾ = Angka Sangat Sementara










PDRB Menurut Lapangan Usaha Kab. Pamekasan








       ATAS DASAR HARGA BERLAKU TAHUN 2009 - 2012 ( % )








LAPANGAN USAHA
 2009*⁾
 2010**⁾
 2011**⁾
 2012***⁾
I
SEKTOR PRIMER




1.
PERTANIAN
                49,47
                49,24
                48,59
                48,34
2.
PERTAMBANGAN &PENGGALIAN
                  1,09
                   1,02
                   1,00
                   0,94
SUB JUMLAH
                50,56
                50,26
                49,60
                49,28






II
SEKTOR SEKUNDER




1.
INDUSTRI PENGOLAHAN
                  2,99
                   2,94
                   2,91
                   2,92
2.
LISTRIK DAN AIR BERSIH
                  0,96
                   0,94
                   0,90
                   0,88
3.
KONSTRUKSI
                  4,98
                   5,09
                   5,35
                   5,22
SUB JUMLAH
                  8,94
                   8,97
                   9,15
                   9,02






III
SEKTOR TERSIER




1.
 PERDAGANGAN, HOTEL, & RESTORAN
                16,46
                16,81
                17,68
                18,13
2.
PENGANGKUTAN & KOMUNIKASI
                  4,09
                   4,11
                   4,08
                   4,17
3.
KEUANGAN, REAL ESTATE & JASA PERUSAHAAN
                  6,55
                   6,53
                   6,46
                   6,50
4.
JASA - JASA
                13,41
                13,32
                13,03
                12,90
SUB JUMLAH
                40,50
                40,77
                41,25
                41,70






VOLUME EKONOMI ( PDRB )
             100,00
              100,00
              100,00
              100,00






Sumber :     badan Pusat Statistik Kab. Pamekasan



Ket :
*⁾     = Angka diperbaiki





**⁾   = Angka Sementara





***⁾ = Angka Sangat Sementara
















TABEL 4. LAJU PERTUMBUHAN PDRB KABUPATEN PAMEKASAN MENURUT LAPANGAN USAHA


       TAHUN 2000 TAHUN 2009 - 2012 (TAHUN SEBELUMNYA = 100)








LAPANGAN USAHA
 2009*⁾
 2010**⁾
 2011**⁾
 2012***⁾
I
SEKTOR PRIMER




1.
PERTANIAN
                  4,24
                   4,68
                   4,39
                   4,78
2.
PERTAMBANGAN &PENGGALIAN
                  4,15
                   1,56
                   6,45
                   1,59
II
SEKTOR SEKUNDER




1.
INDUSTRI PENGOLAHAN
                  2,60
                   3,80
                   6,21
                   6,78
2.
LISTRIK DAN AIR BERSIH
                  4,75
                   5,11
                   5,12
                   7,56
3.
KONSTRUKSI
                  5,65
                   6,62
                   8,70
                   6,52
III
SEKTOR TERSIER




1.
 PERDAGANGAN, HOTEL, & RESTORAN
                  7,51
                   9,09
                10,61
                   9,87
2.
PENGANGKUTAN & KOMUNIKASI
                  8,31
                   8,91
                   8,22
                   9,58
3.
KEUANGAN, REAL ESTATE & JASA PERUSAHAAN
                  4,95
                   5,45
                   6,86
                   7,94
4.
JASA - JASA
                  5,63
                   5,63
                   5,94
                   5,99






TOTAL PERTUMBUHAN
                  5,18
                   5,75
                   6,21
                   6,32






Sumber :     badan Pusat Statistik Kab. Pamekasan



Ket :
*⁾     = Angka diperbaiki





**⁾   = Angka Sementara





***⁾ = Angka Sangat Sementara










PDRB Menurut Lapangan Usaha Kab. Pamekasan





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Selama beberapa tahun ini, Pamekasan telah mampu meningkatkan laju pertumbuhan yang cukup meningkat. Laju pertumbuhan terakhir telah mencapai 6,32%. Hampir dari separuh  prosentase kontribusi Pendapatan daerah berasal dari sektor pertanian. Pendapatan sector pertanian yang hanya mencapai 1.129.269,21(juta) tidak sebanding dengan jumlah masyarakat yang ada di daerah Pamekasan. Masyarakat Pamekasan memanglah hampir keseluruhan menikmati sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh Pemkab, namun masyarakat Pamekasan masih banyak yang belum dapat memenuhi kebutuhan kesehariannya.
B.Saran
Dengan tingkat laju pertumbuhan PDRB Pamekasan yang cukup tinggi, Penulis menyarankan kepada Pemkab Pamekasan untuk memberikan perhatian yang lebih serius lagi terhadap kebutuhan pokok masyarakat utamanya di bidang sector pertanian untuk mengatasi kemiskinan yang ada di pamekasan ini. Serta penulis menyarankan agar Pemkab Pamekasan lebih meningkatkan lagi sarana dan prasarana utamanya pada masyarakat golongan menengah ke bawah agar tidak terjadi lagi kasus gizi buruk, remaja putus sekolah, dan lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
Ø  http://pembangunanpamekasan.info/411_Data-Perekonomian.gc
Ø  http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/ekonomipdrb.php?ia=3528&is=43
Ø  Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Pamekasan 2005 - 2011

Tidak ada komentar: