Jumat, 14 Desember 2012

KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP AGAMA

Diposting oleh Riska Yuliatiningsih di 08.25.00


Apa yang dibutuhkan  Manusia ?
*      Menurut Abraham Maslow ada 5 Kebutuhan Dasar Manusia :
  1. Physiological needs
  2. Safety needs
  3. Social needs
  4. Ego/Esteem needs
  5. Self-Actualization Needs
Mengapa Manusia Membutuhkan Agama?
*      Fitrah (naluri dasar) manusia beragama
*       Manusia makhluk yang lemah
*       Manusia menghadapi berbagai tantangan
Fitrah Beragama
*      Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,(AR RUM : 30;30)
 
*      Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
*      عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ:
*         قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم :مَا مِنْ مَوْلُوْدٍ إِلاَّ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ. فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُشَرِّكَانِهِ. فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ! أَرَأَيْتَ لَوْ مَاتَ قَبْلَ ذَلِكَ؟ قَالَ “اَللهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوْا عَامِلِيْنَ
Hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: “Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang membuatnya menjadi seorang Yahudi, seorang Nasrani maupun seorang musyrik.” Lalu seorang laki-laki bertanya: “Ya Rasulullah! Bagaimana pendapat engkau kalau anak itu mati sebelum itu?” Beliau menjawab: “Allah lebih tahu tentang apa yang pernah mereka kerjakan. (HR Bukhari)
Manusia Lemah ?
   Firman Allah dalam Q.S al-Nisa’: 28
 
Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah.
Potret Kelemahan Manusia                                    
 
 Misteri Eksistensi Manusia


 

Tantangan Manusia
Ø  Tantangan dari dalam
 
Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.“(Yusuf, 12 ;5)

Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: "Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia. (Al-Isra’, 17;53)
Ø  Tantangan dari luar
 
Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. dan ke dalam Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan.

0 komentar:

 

Welcome In My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review